Berita terkini, update prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas
Berita  

BPKAD Manokwari Meningkatkan Kualitas OPD dalam Mengelola Keuangan Daerah

Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Manokwari, Papua Barat sedang mengadakan bimbingan teknis untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi bendahara dan bagian keuangan di organisasi perangkat daerah (OPD) dalam mengelola keuangan dan aset daerah.

Plt Kepala BPKAD Manokwari, Corneles Edwinson Wondiwoy di Manokwari, Senin menjelaskan, bimtek tersebut bertujuan untuk meminimalisir kekeliruan administrasi dalam penyampaian laporan keuangan di setiap OPD.

“Sehingga temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dapat dikurangi. Tahun-tahun sebelumnya kita belum sempat lakukan. Padahal bendahara di OPD sudah sering berganti dan banyak yang belum dibekali pengelolaan keuangan dan aset,” katanya.

Ia mengatakan, laporan keuangan dapat disajikan sesuai aturan dan mekanisme yang berlaku jika bendahara dan bagian keuangan memiliki pengetahuan yang memadai.

Ia menambahkan, sebanyak 220 peserta dari seluruh OPD di lingkup Pemkab Manokwari diberikan pelatihan selama tiga hari, 30 Oktober hingga 1 November.

“Pemberi materi tidak hanya dari BPKAD saja, tapi juga dari Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Papua Barat, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Manokwari, BPKP Perwakilan Provinsi Papua Barat dan Inspektorat Manokwari,” jelasnya.

Sekda Manokwari Henri Sembiring mengatakan, bimtek tersebut merupakan bentuk komitmen Pemkab Manokwari untuk meningkatkan akuntabilitas, kredibilitas, dan transparansi dalam tata kelola keuangan daerah. Dengan adanya bimbingan tersebut diharapkan terjadi perbaikan kualitas pengelolaan keuangan Pemkab Manokwari.

Ia berharap, dengan peningkatan kapasitas bendahara dan bagian keuangan, laporan keuangan daerah dapat diselesaikan dan diserahkan tepat waktu. Selain itu, laporan juga disusun berdasarkan regulasi terbaru.

“Sehingga prestasi yang sudah dicapai dapat tetap terjaga dan bahkan ditingkatkan dari waktu ke waktu. Sebelum mendapatkan bimtek, Pemkab Manokwari telah mendapat predikat WTP dari BPK selama empat tahun berturut-turut. Setelah mendapatkan bimtek ini, diharapkan prestasi tersebut dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan,” ujarnya.

Pewarta: Ali Nur Ichsan
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2023