Berita terkini, update prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas

Harapan Wapres untuk PON 2024 Menghasilkan Atlet Berprestasi

Wakil Presiden Ma’ruf Amin berharap penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Sumatera Utara dan Aceh dapat melahirkan atlet-atlet berprestasi yang lebih baik dibandingkan dengan penyelenggaraan PON sebelumnya. Hal ini disampaikan Wapres saat menerima jajaran Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat di Istana Wapres, Jakarta.

Wapres berharap KONI dapat menyelenggarakan PON 2024 dengan baik dan juga dapat mempercepat perputaran ekonomi daerah penyelenggara. Wapres juga menginginkan agar arena-arena yang digunakan untuk PON dapat dimanfaatkan secara produktif setelah acara tersebut selesai.

Ketua Umum KONI Letjen TNI (Purn) Marciano Norman melaporkan bahwa Provinsi Sumatera Utara dan Aceh telah siap untuk menyelenggarakan PON 2024 pada 25 September-9 Oktober 2024. Menurutnya, peserta PON 2024 mencakup 38 provinsi, termasuk empat daerah otonom baru (DOB) Papua.

Marciano juga menyampaikan bahwa kedua daerah penyelenggara PON 2024 terus membangun berbagai arena yang akan digunakan, seperti pembangunan 14 arena di Aceh yang dibantu oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Di Sumatera Utara akan ada 35 cabang olahraga, sedangkan di Aceh akan ada 34 cabang olahraga yang dipertandingkan.

Selain itu, Marciano juga melaporkan bahwa program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sangat baik dengan 14 cabang olahraga unggulan, namun KONI masih menghadapi kendala terkait penganggaran, terutama untuk mendukung sentra-sentra olahraga di 10 provinsi.

Untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia, Marciano mengusulkan agar kegiatan olahraga besar selain PON juga dapat diselenggarakan, seperti olahraga pantai dan olahraga beladiri, termasuk penguatan berbagai cabang olahraga Olimpiade.

Wapres pun menyambut baik terselenggaranya kejuaraan olahraga Piala Wakil Presiden, yang diusulkan oleh Marciano. Ia menyatakan dukungannya terhadap hal tersebut.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh beberapa pejabat KONI dan staf Wapres. Selain itu, juga terdapat beberapa artikel terkait dengan kegiatan KONI dan persiapan PON 2024 di antaranews.com.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023

Source link

Exit mobile version