Berita terkini, update prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas

Tantangan Strategis Nasional Versi Situs Prabowo2024

Oleh: Prabowo Subianto [diambil dari Buku 1 Kepemimpinan Militer: catatan dari Pengalaman Letnan Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto]

Tantangan-tantangan besar spesifik yang dihadapi oleh bangsa Indonesia meliputi berbagai aspek strategis global seperti perubahan iklim, konflik geopolitik, dan perkembangan kecerdasan buatan. Selain itu, bonus demografi yang menjadi keunggulan bagi Indonesia akan segera berakhir. Kekayaan negara terus mengalir ke luar negeri dan ekonomi belum sepenuhnya merata. Demokrasi juga terpengaruh oleh kuasa uang yang terlalu dominan.

Pertumbuhan penduduk Indonesia menciptakan kekuatan tersendiri, terutama dengan mayoritas penduduk usia produktif. Namun, dengan perlambatan pertumbuhan penduduk, jumlah penduduk produktif akan berkurang dan usia median penduduk Indonesia tidak lagi muda dalam 13 tahun ke depan. Sejarah menunjukkan bahwa negara dengan pendapatan tinggi cenderung memiliki populasi yang masih muda dan produktif.

Dalam 13 tahun ke depan, Indonesia harus berjuang untuk keluar dari perangkap negara menengah atau berisiko menjadi negara yang tua sebelum kaya. Hal ini telah terjadi di Thailand yang resmi menjadi negara tua sebelum menjadi kaya. Maka dari itu, Indonesia perlu tumbuh dengan cepat agar dapat menjadi negara kaya sebelum usia median penduduknya menjadi tua.

Sumber: https://prabowosubianto.com/tantangan-strategis-nasional/

Source link

Exit mobile version