Berita terkini, update prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas

Komunikasi KONI dengan LPDP untuk meningkatkan SDM di bidang olahraga

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat telah melakukan komunikasi dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang olahraga. Pertemuan tersebut berlangsung di Gedung Arimurti Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Kementerian Keuangan.

Ketum KONI Pusat, Letjen TNI Purn. Marciano Norman, menyampaikan kesadaran akan kendala utama dalam mencapai prestasi olahraga, yaitu kualitas SDM yang perlu ditingkatkan. Menurutnya, untuk mendukung hal ini, pihaknya juga ingin menyampaikan permintaan agar ke depannya dapat diberikan beasiswa kepada mereka yang berpotensi.

Menurut Desain Besar Olahraga Nasional (DBON), target prestasi olahraga Indonesia adalah memasuki lima besar peringkat Olimpiade pada tahun 2044, menjelang perayaan 100 tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk mencapai hal tersebut, kualitas SDM di bidang olahraga harus terus ditingkatkan.

KONI Pusat berencana untuk meningkatkan jumlah pegiat dan pengurus organisasi keolahragaan yang melanjutkan studi di jurusan dan universitas terbaik, guna berkontribusi terhadap pembinaan olahraga di Indonesia. Hal ini diharapkan dapat mendongkrak prestasi olahraga di Tanah Air.

Saat ini, Indonesia membutuhkan banyak SDM berkualitas untuk meningkatkan implementasi bidang-bidang seperti sport science, sport tourism, sport industry, dan sport intelligence.

Presiden Direktur LPDP, Andin Hadiyanto, menjelaskan bahwa LPDP berfokus pada memberikan dukungan untuk program pasca sarjana, baik magister maupun doktoral. LPDP memiliki beberapa jalur penerimaan, dan peserta yang telah menyelesaikan studi di luar negeri diharapkan dapat berkontribusi untuk olahraga di Indonesia melalui KONI Pusat.

Dalam pertemuan tersebut, juga dibahas mengenai kerja sama riset guna mendongkrak prestasi olahraga di Indonesia. Selain itu, LPDP juga membahas kemungkinan mendukung program magister Psikologi Olahraga di Universitas Indonesia, yang diharapkan akan bermanfaat untuk olahraga prestasi di Indonesia.

Source link