Berita terkini, update prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas

Meneliti Potensi PKB Pangandaran dalam Pemilihan Kepala Daerah 2024

DAILYPANGANDARAN – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Pangandaran membuka penjaringan Bakal Calon Bupati (Bacabup) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Namun, PKB Pangandaran yang memiliki 5 kursi di DPRD tentu belum bisa melakukan pencalonan hanya dari 1 partai saja.

Partai yang berwarna hijau itu harus berkoalisi dengan partai lain untuk mendapatkan 20% dari 40 kursi yang ada sebagai salah satu syarat untuk mengusung Bacabup sendiri.

Partai yang dipimpin oleh Cak Imin ini menjadi salah satu partai oposisi terhadap pemerintah Kabupaten Pangandaran sejak Pilkada lima tahun yang lalu. Pada tahun 2020, PKB mengusung mantan Wakil Bupati Pangandaran, Adang Hadari (alm) dan Supratman (tokoh pemekaran) atau Aman.

PKB yang berkoalisi dengan Golkar kalah tipis pada saat itu dalam pertarungan melawan petahana, pasangan Jeje Wiradinata dan Ujang Endin Indrawan (Juara).

Pada hasil Pilkada Pangandaran 2024, pasangan nomor urut 1 Jeje Wiradinata-Ujang Endin Indrawan (Juara) berhasil menjadi pemenang.

Namun, hasil perolehan suara tersebut menunjukkan bahwa pasangan Juara hanya menang tipis. Selisih suara antara pasangan Juara dan pasangan Aman (Adang Hadari-Supratman) hanya 9.965 suara.

Hasil perolehan suara yang sangat tipis tersebut menunjukkan bahwa pasangan Juara hampir kalah. Pasangan Jeje Wiradinata-Ujang Endin Indrawan berhasil meraih suara terbanyak dengan 138.152 suara. Sementara pasangan Adang Hadari-Supratman meraih 128.187 suara.

Saat itu, PKB hanya berkoalisi dengan Golkar, sementara PDI Perjuangan memiliki koalisi yang lebih besar dengan PPP, PKS, PAN, Gerindra, dan Perindo.

Ketua DPC PKB Pangandaran, Otang Tarlian, menyatakan bahwa PKB terbuka untuk berkoalisi dengan partai manapun. “Kami hanya memiliki 5 kursi di DPRD Pangandaran, belum cukup untuk mengusung calon dari satu partai saja,” ujar Otang, Kamis (25/4/2024).

Menurutnya, komunikasi politik yang sudah terjalin baik di Pangandaran hanya dengan PAN dan Golkar. “Komunikasi yang sudah terjalin baru dengan Golkar dan PAN,” kata Otang.

Pihaknya menyatakan keterbukaan PKB untuk berkoalisi dengan partai lain dalam menghadapi Pilkada Pangandaran 2024. “Kami terbuka,” ujarnya.

Sementara itu, proses penjaringan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Pangandaran untuk PKB telah dibuka mulai 24 April hingga 4 Mei 2024. Lebih lanjut, Otang menyebut bahwa sudah ada 2 tokoh yang mendaftar.

“Ada banyak tokoh juga dari internal partai. Termasuk saya sendiri, karena ditugaskan juga,” ucapnya.

Selain tokoh masyarakat, Otang juga menyatakan bahwa ada tokoh NU di Pangandaran yang diyakini masuk dalam radar Bacabup dari PKB. “Sebagai partai yang berbasis NU, tentu ada tokoh-tokoh dari organisasi ini yang ingin mendaftar,” ungkapnya.

Source link