Berita terkini, update prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas

Profil Charles Leclerc, Pembalap Muda Unggulan dari Tim Ferrari

Profil Charles Leclerc, Pembalap Muda Unggulan dari Tim Ferrari

Charles Leclerc, seorang pembalap muda Formula 1 yang berasal dari Monte Carlo, Monako, lahir pada 16 Oktober 1997. Dia merupakan pilot jet darat termuda yang menjadi unggulan tim Ferrari. Belakangan ini, namanya menjadi pembicaraan setelah berhasil memenangi balapan di kandang sendiri pada seri kedelapan F1 Grand Prix Monako 2024 di Sirkuit Monte Carlo.

Charles Leclerc mulai terjun ke dunia balap pada usia 5 tahun melalui balap mobil gokart atau karting. Sejak itu, dia mulai bersaing secara kompetitif dan meraih banyak kemenangan, termasuk Piala Dunia CIK-FI KF3 dan Piala Akademik CIK-FIA pada 2011, serta juara WSK Euro Series 2012.

Pada tahun 2014, Leclerc mulai karier balapnya di kejuaraan Formula Renault 2.0 Alps bersama tim Fortec Motorsports, di mana dia menjadi runner-up dan pembalap rookie terbaik.

Selanjutnya, pada tahun 2015, dia melakukan debutnya di ajang Formula 3 Eropa dengan tim Van Amersfoort Racing dan finis di posisi keempat.

Pada tahun 2016, Charles menjadi anggota Ferrari Driver Academy dan memenangi seri GP3 dengan ART Grand Prix. Keberhasilan terus menghampirinya, di mana ia berhasil meraih Kejuaraan Formula 2 pada tahun 2017 bersama tim Prema.

Pada tahun 2018, Leclerc melakukan debutnya di Formula 1 bersama tim Alfa Romeo Sauber dan meraih poin pertamanya dengan finis di posisi ke-6 di GP Azerbaijan.

Pada tahun 2019, Leclerc bergabung dengan tim Scuderia Ferrari dan menjadi rekan setim Sebastian Vettel. Pada musim tersebut, dia berhasil finis di posisi keempat dalam Kejuaraan Pembalap, serta meraih dua kemenangan pertamanya di Grand Prix Belgia dan Grand Prix Italia.

Kini, Charles Leclerc semakin menunjukkan performa terbaiknya. Dia berhasil menjadi yang tercepat di GP Italia 2024 di Sirkuit Monza dengan waktu 1 jam, 14 menit, dan 40,727 detik dalam balapan 53 lap.

Selama kariernya, Charles Leclerc telah meraih berbagai penghargaan, termasuk Pirelli Pole Position Trophy 2019, Confartigianato Motori Driver of the Year, dan Monaco Medal of Honour pada tahun 2020.

Source link