Berita terkini, update prabowo subianto yang humanis, berani dan tegas
Berita  

Permintaan Wapres agar ekonomi syariah tetap berlanjut meskipun presiden yang terpilih adalah siapa pun

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menyampaikan harapannya agar sistem ekonomi dan keuangan syariah terus berlanjut, tidak peduli siapa pun yang terpilih sebagai presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024. Menurut Wapres, ekonomi syariah merupakan komitmen pemerintah yang harus diteruskan melalui Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) yang didirikan oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2019.

Wapres Ma’ruf mengungkapkan, “Tentang ekonomi syariah, itu sudah komitmen pemerintah ya. Oleh karena itu, siapapun yang terpilih sebagai presiden dan wakil presiden harus melanjutkan komitmen ini.” Pernyataan tersebut disampaikannya setelah meresmikan proyek Citra Borneo Indah (CBI) Group di Kalimantan Tengah yang disaksikan melalui tayangan video di Jakarta.

Pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia telah menjadi bagian dari institusi kenegaraan melalui KNEKS. KNEKS memiliki struktur organisasi yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo, dengan Wakil Presiden sebagai ketua harian, dan Sekretaris oleh Menteri Keuangan. Selain itu, komite ini juga telah terbentuk di daerah melalui Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) yang sudah ada di 24 provinsi.

Berbagai instrumen ekonomi dan keuangan syariah juga sudah terbentuk, seperti industri halal dan pengembangan usaha syariah di daerah. Wapres menjelaskan, “Semua instrumen-instrumennya sudah ada. Keuangannya, industri halalnya sudah ada, keuangan syariahnya ada, kemudian juga pengembangan usaha syariahnya. Melalui komite daerah ini supaya potensi daerah bisa digerakkan, jadi siapa pun yang menjadi presiden dan wakil presiden ini harus menjadi bagian dari program yang dikembangkan.”

Dalam kesempatan sebelumnya, Wapres juga telah menyatakan bahwa konsep ekonomi dan keuangan syariah bersifat inklusif dan dapat bermanfaat bagi seluruh umat manusia, tidak hanya umat Islam. Ia juga menegaskan bahwa konsep ekonomi dan keuangan syariah dapat menjadi solusi efektif untuk mengatasi kesenjangan ekonomi dalam masyarakat.